Fast Fashion

Fast Fashion, satu istilah yang terbilang baru populer belakangan ini di kalangan pelaku retail fashion. Sebetulnya sudah lama diperkenalkan, sekitar tahun 1990an, yaitu untuk menggambarkan bahwa fashion itu harus cepat mengadopsi trend terbaru dari koleksi top desainer ke koleksi yang lebih massal. Fast fashion adalah salah satu model bisnis fashion dimana kecepatan menyediakan koleksi terbaru untuk konsumen adalah hal yang utama. Brand yang mengusung model bisnis ini menerapkan sistem supply chain yang bergerak cepat, diawali dengan tim desainer hingga tim logistik yang mensuplai produk ke toko-toko. Fenomena ini bisa dilihat dari koleksi di toko yang selalu baru setiap 2 minggu sekali, dengan perubahan display setiap seminggu sekali. Pemilik brand-brand fast fashion mampu menerapkan sistem kerja yang cepat, dengan menekan harga produksi sehingga bisa menyediakan produk dalam harga yang sangat terjangkau oleh masyarakat umum. Keadaan ini tentu membuat konsumen happy karena selalu ada pilihan baru untuk gaya fashion mereka dan bisa ikut memakai trend yang sedang digandrungi selebriti dan public figure dunia. Bagaimana sistem fast fashion itu dilakukan, dan adakah dampak buruknya bagi kita? ikuti terus ya topik ini di tulisan berikutnya.
( Sumber : www.wikipedia.com & www.goodonyou.com )