Apa Kabar Streetwear

Streetwear berbeda pengertian dengan istilah street style yang sering disebut ketika sedang membahas event-event fashion runway di kota-kota fashion dunia. Street style membahas gaya berpakaian mereka yang hadir dan hilir mudik dalam event fashion dunia, dan bergaya di jalan-jalan di sekitaran event runway berlangsung. Kalau streetwear? nah, ini adalah gaya yang anak muda banget, yang didominasi pada awalnya oleh kaum pria, yaitu gaya casual relax mereka. Kaus Tshirt dengan grafik yang menjadi vocal point ditambah pants yang longgar berbahan katun atau jeans dengan panjang bervariasi dari selutut hingga seperti kedodoran menyentuh sneakers yang jadi andalan untuk alas kaki, dengan pelengkap jaket gaya windbreaker atau jaket knitted berhoody, terinspirasi gaya hip hop dan skaters atau surfers di awal munculnya di Indonesia, terutama dari pulau Bali.

 

Sebelum tahun 2000, streetwear brand banyak didominasi dari brand-brand sport luar negeri, sebelum akhirnya terlibas oleh masuknya brand-brand fast fashion internasional. Brand lokal dengan gaya streetwear sekitar awal 2000an muncul dengan menjamurnya distro diawali dari Bandung, mereka punya komunitas yang jadi konsumen andalan dan berkembang. Kini streetwear bangkit kembali karena munculnya trend sporty, brand streetwear top luar negeri kembali menjadi perhatian fashionista, bahkan untuk para perempuan urban, gaya hiphop streetwear bisa jadi gaya yang edgy dengan memadupadankan sneakers dengan rok tutu misalnya.

 

Inilah fenomena trend yang terus berputar dan muncul kembali dengan modifikasi yang lebih kekinian, dan karena gaya personal sekarang dijunjung tinggi, maka streetwear bisa jadi akan bertahan di tengah membanjirnya fast fashion brand di Indonesia dan dunia. (dari berbagai sumber)