Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Bukan Sekedar Simbol

Fashion Knowledge

Bukan Sekedar Simbol

Pernah kan melihat dan membaca care instruction yang biasanya ada di label baju? simbol-simbol sederhana yang tercantum itu bukan sembarang lho, karena sudah melewati serangkaian test pada bahan yang dipakai. Dan instruksi yang tertera sebaiknya dipatuhi agar busana awet. Ingin tau lebih jauh arti dari simbol itu? Simak ya
 
gambar seperti sebuah ember ini melambangkan cara "pencucian dengan tangan". Jika di silang, berarti "tidak boleh dicuci tangan", tetapi biasanya diganti dengan simbol "boleh dicuci dengan mesin". Ember dengan garis horisontal di bawah berbarti harus dicuci lembut, jangan dikucek kuat. Sedangkan titik pada ember melambangkan suhu air, satu titik artinya hangat, makin banyak titik, makin panas tetapi masih tahan untuk kulit.
 
Gambar lingkaran untuk simbol cara pencucian kering atau dry clean, jika lingkaran disilang berarti tidak boleh dry clean, sedangkan huruf dalam lingkaran itu melambangkan jenis-jenis bahan kimia yang dipakai. Bentuk segitiga melambangkan bleach atau pemakaian pemutih baju.
 
Simbol kotak persegi ini adalah untuk "pencucian dengan mesin" , kotak disilang berarti tidak boleh dicuci mesin dan gambar titik menunjukkan suhu.
 
Persegi dengan lingkaran di dalamnya adalah untuk lambang pengeringan dengan mesin, pengeringan dengan tangan dilambangkan dengan gambar puntiran. Pada contoh ini gambar puntiran dengan silang artinya jangan diperas.
Nah untuk persegi ini adalah simbol untuk cara penjemuran.  Kotak dengan lengkung di atas itu berarti dijemur dengan disampirkan pada tali jemuran, kotak dengan 3 baris garis vertikal untuk simbol dijemur tanpa diperas, biarkan airnya menetes alami, kotak dengan garis horizontal di tengah artinya dijemur di permukaan datar, jangan digantung biasanya untuk baju berbahan rajut atau kaus, dan yang terakhir artinya dijemur di tempat teduh atau jangan terkena matahari langsung.
 
Dari gambarnya sudah jelas ya? ini simbol cara penyetrikaan. Titik melambangkan tingkat suhu, sedangkan gambar strika dengan garis segitiga di bawah itu adalah steam atau setrika uap.

Read more

Fashion Knowledge

Beda Negara, Beda Gaya Fashion

Di dunia fashion, kota-kota seperti New York, London, Paris, Milan dan Tokyo adalah kota-kota yang menjadi rujukan trend fashion setiap musimnya. Walaupun sama-sama mengangkat trend forecast, seti...

Read more
Fashion Knowledge

Mengenal bahan crepe

Dari sekian banyak jenis bahan yang selalu populer, ada terselip bahan bernama "crepe", contohnya "chiffon crepe" atau banyak orang mengenalnya dengan nama "ceruti". Istilah crepe merujuk pada jeni...

Read more