Fashion di tahun 80an

Tahun 1980an diingat dalam dunia fashion dengan serba besar, serba blink-blink, baik dari model bajunya, jenis bahan sampai print-nya. Yuk baca lebih lanjut tentang kehebohan fashion & pop culture di tahun 1980an..

Baju-baju atasan, selain dengan bantalan bahu yang tebal dari spons, juga banyak dilengkapi dengan detail berupa ruffle-ruffle, di leher atau sebagai manset untuk busana kerja.

Acara TV series banyak muncul dan menjadi acara favorit di TV, sebut saja seperti drama series Dallas, Dynasti, dan Bold & Beautiful, dan gaya bintang-bintang TV ini banyak ditiru, seperti perhiasan-perhiasan besar, blazer-blazer fitted dan rapi, menginspirasi para perempuan bekerja.

MTV generation. Untuk kalangan anak mudanya, saluran TV khusus musik MTV jadi tontonan utama termasuk fashion style para musisinya jadi inspirasi terkini kawula muda saat itu. Dan dimulailah gaya grunge dan streetwear dengan flanel, t-shirt, dan sneakers

Pop Culture mulai dikenal dan berkembang di tahun 80an ini, dipicu oleh kehadiran music disco, penyanyi dengan genre music ini sebut saja Michael Jackson, Madonna, Anny Lennox, Boy George, dan Prince. Gaya berpakaian mereka pun ditiru banyak orang, Madonna dengan leggingnya, head band, misalnya, ditambah dengan warna-warna elektrik. Fashion dengan gaya grunge yang loose fit, jeans dengan gaya yang lebih stylish, jadi trend saat itu, termasuk public figure seperti Lady Di, Brooke Shields, dsb yang ditiru mulai dari potongan rambut hingga pakaiannya

Selain gaya selebrities, fashion lainnya yang merupakan ciri tahun 80an adalah gaya sporty untuk nge-gym, aerobik saat itu istilah yang lebih tepatnya, hip hop dengan parasut jacket pants dan denim jacketnya plus head band dan cropped kaus warna elektrik yang dipakai bertumpuk melengkapi celana baggy dan kemeja-kemeja motif dan flanel.