Gen X, Gen Y, Gen Z

Gen adalah kependekan dari kata "generasi", X, Y, Z merujuk pada kelompok tahun kelahiran. Apa yang membedakan antara Gen X, Y, dan Z? Setiap generasi lahir dalam rentang tahun kelahiran tertentu yang mengelompok berdasarkan pada peristiwa dunia atau mega trend yang punya pengaruh kuat pada perubahan perilaku dan gaya hidup di setiap masanya. Sehingga setiap generasi memiliki kesamaan karakter karena dipengaruhi oleh peristiwa dan pengalaman yang mereka rasakan sejak lahir dan dibesarkan.

Sebenarnya yang dianggap masih aktif secara ekonomi dan sosial saat ini adalah generasi Baby Boomers (lahir antara 1944 - 1964), generasi X (lahir tahun 1965 - 1979), generasi Y (lahir tahun 1980 - 1994) dan yang terakhir sampai saat ini adalah generasi Z (lahir tahun 1995 - sekarang), ada beberapa generasi sebelumnya yang umumnya sudah tiada.

Baby Boomers

Untuk mereka yang lahir antara tahun 1944-1964, generasi kakek nenek dan sebagian dari orang tua kita yaa. Mereka masih menganut paham tradisional, masih membaca koran, dan mereka dibesarkan di masa tenang sesudah perang dunia II. Saat ini mereka menikmati masa tuanya.

Gen X

Lahir antara tahun 1965-1979

Saat ini di usia sekitar 40 hingga 50 tahunan, sudah mapan dalam karir dan kehidupannya, sering disebut juga generasi MTV (channel TV khusus musik pertama kali yang memperkenalkan "video klip"), mereka adalah generasi yang hidup dan dibesarkan dalam masa transisi dari konvensional ke modern, dari manual ke komputer, sehingga mengalami 2 masa penting mega trend dunia dan menjadikan mereka generasi yang cerdas teknologi.

Gen Y

Lahir antara tahun 1980- 1994

Merekalah yang disebut sebagai generasi Milenial. Banyak dari mereka yang memasuki tahap dunia kerja, dan beberapa sudah mulai menapaki kehidupan baru membangun rumah tangga. Generasi yang dibesarkan dalam ledakan internet dan media sosial, biasanya mereka memiliki beberapa akun media sosial dan sangat menikmati smart phone-nya dalam habiskan waktu mereka.

Gen Z

Lahir di rentang tahun 1995 - saat ini

Rata-rata mereka memiliki smart phone rata-rata pada usia 10 tahun. Generasi ini mengalami mega trend dunia "hyperconnected" world. Generasi Z ini salah satu alat berkomunikasinya adalah smart phone.

 

Dalam tulisan lain akan dijelaskan karakter masing-masing generasi dalam hal berbusana. Seru lho!