Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Virus Corona COVID-19: Gejala dan Pencegahannya

Virus Corona COVID-19: Gejala dan Pencegahannya
Corona

Virus Corona COVID-19: Gejala dan Pencegahannya

Seluruh dunia kini sedang mewaspadai penyebaran Virus Corona COVID-19 yang telah menjangkiti lebih dari 90.000 orang yang tersebar di lebih dari 90 negara (update per 03/03/20). Virus Corona yang tengah meluas saat ini dikabarkan berasal dari Wuhan, Tiongkok, sejak Desember 2019. Hingga hari ini (03/03/20), Virus Corona COVID-19 telah memakan 3.117 korban jiwa.

Virus Corona adalah sebuah keluarga virus yang ditemukan pada manusia dan hewan. Sebagian virusnya dapat menginfeksi manusia serta menyebabkan berbagai penyakit, mulai dari penyakit umum seperti flu, hingga penyakit-penyakit yang lebih fatal, seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). (sumber: Kemenkes RI)

WHO menyebutkan, tanda-tanda umum infeksi Virus Corona COVID-19 yaitu gejala pernapasan, demam, batuk, sesak napas dan kesulitan bernapas. Untuk kasus yang lebih parah, infeksi Virus Corona COVID-19 juga dapat menyebabkan pneumonia, sindrom pernapasan akut, gagal ginjal, bahkan kematian.

Umumnya, virus membutuhkan masa inkubasi sebelum akhirnya mengeluarkan gejala pada tubuh orang terjangkit. Untuk Virus Corona COVID-19, masa inkubasinya diperkirakan antara 1 hari dan 14 hari. Kebanyakan orang mulai menunjukkan gejala sekitar lima hari setelah terinfeksi, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Friends, simak beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah penyebaran Virus Corona COVID-19 ini (berdasarkan anjuran Kementrian Kesehatan):

  1. Sering cuci tangan pakai sabun.
  2. Gunakan masker bila batuk atau pilek
  3. Konsumsi gizi seimbang dengan memperbanyak konsumsi sayur dan buah.
  4. Hati-hati jika berkontak dengan hewan.
  5. Rajin olahraga dan istirahat yang cukup.
  6. Jangan mengonsumsi daging yang tidak dimasak.
  7. Bila batuk, pilek dan sesak napas segera ke fasilitas kesehatan.

Friends, bila di antara kamu mengalami gejala tersebut, segera hubungi layanan medis terdekat atau melalui hotline Kementerian Kesehatan di 021-5210411 dan 0812-1212-3119.

Read more

Wajib Punya, Intip 5 Inspirasi Gaya Tunik Putih ala Dauky
Mix and Match

Wajib Punya, Intip 5 Inspirasi Gaya Tunik Putih ala Dauky

Untuk kamu penyuka warna monokrom, wajib hukumnya untuk memiliki baju berwarna putih. Kamu bisa memilih tunik atau gamis berwarna netral ini untuk dipadukan dengan fashion item berwarna senada atau...

Read more
Tetap Stylish, Ini Tips Mix and Match Busana Kerja di Era New Normal
Corona

Tetap Stylish, Ini Tips Mix and Match Busana Kerja di Era New Normal

Di tengah pandemi Covid-19 ini pemerintah Indonesia resmi menerapkan aturan baru yang disebut New Normal. Di era New Normal kini masyarakat diperbolehkan kembali beraktivitas di luar rumah seperti ...

Read more