Inspirasi koleksi

Koleksi busana suatu brand fashion akan berganti mengikuti season setiap tahunnya, walaupun berbeda-beda, koleksi dalam setahun biasanya berganti minimal 2x. Lalu dari mana tim desainer atau creative directornya mendapatkan inspirasi untuk menghasilkan koleksi yang sesuai dengan brand image dan target marketnya?

 

Lifestyle
Gaya hidup selalu berganti dan selalu ada hal baru. Adanya kebiasaan baru inilah yang memicu efek berkelanjutan, model berbusanapun terkena pengaruhnya.
Sejarah
Dikatakan fashion selalu berputar kembali, hal ini karena sejarah sering dijadikan inspirasi, biasanya adalah isme-isme tertentu dari seni dan desain, tetapi selalu ada modifikasi, misalnya art deco (tahun 20an) atau back to 80s
Seni dan budaya
Mengambil inspirasi dari berbagai budaya negara-negara dunia adalah hal yang lumrah, misalnya gaya oriental, atau tribal
Film & musik
Film dan  musik yang disambut luarbiasa atau memiliki cerita yang sangat menginspirasi, bisa juga diambil menjadi sumber ide bagi desainer untuk menciptakan koleksi.
Mega event
Misalnya event besar dan hebat yang  mempengaruhi  negara-negara dunia atau misalnya adanya gerakan go green, atau event olimpiade.
Sumber ide ini lalu dikelola dengan berbagai element desain lainnya, dan diramu dengan tambahan analisa trend, riset pasar dan konsumen, maka akan menghasilkan suatu konsep berupa rangkaian koleksi seasonal dengan warna, styling dan detail yang juga akan dijadikan arahan untuk tim creative dan marketing membangun pesan dan menyampaikannya kepada konsumen.