Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Mengenal Teknik Motif Pada Bahan (2) - Jacquard

Fashion Knowledge

Mengenal Teknik Motif Pada Bahan (2) - Jacquard

Nama bahan "jacquard" (baca: jakart) sebetulnya sudah ada semenjak lama dan saat ini makin umum digunakan untuk outfit daily wear, jika beberapa tahun ke belakang bahan mewah ini hanya cocok untuk dibuat baju formal atau party wear, kini untuk casualwear pun bahan jacquard sudah ada yang sesuai dipakai dalam kesempatan acara yang lebih relaks.

Jacquard dibuat khusus dengan mesin tenun ukuran besar, bahannya berciri khas motif-motif yang dibentuk dari benang yang di anyam satu per satu. Motif ini bisa begitu detail dan rumit sehingga mampu menghasilkan gambar yang kompleks. Awalnya di abad 18, bahan jacquard diperuntukkan bagi kaum bangsawan dan para raja saja, dengan menggunakan benang emas dan sutera. Mesinnya sebelum dibangun kembali oleh Joseph Mary Jacquard adalah mesin tenun yang rumit dan memakan waktu lama untuk membuat kain, disederhanakan cara bekerjanya dan ditambahkan punch card sebagai acuan bagi setiap benang yang akan dianyam.

Beberapa tipe bahan jacquard misalnya adalah:

Damask, tebal untuk keperluan home furnishing & home ware, biasanya motifnya sewarna dengan warna background.

Brocade (bukan brokat yang kita kenal), tetapi ini bahan satin/ taffeta dengan 2 warna beda di 2 sisinya, flat dan bermotif warna warni bentuk aneka rupa misalnya bunga, dan mahluk hidup lainnya.

Brocattele, bahan tebal dan mewah untuk home furnishing maupun untuk party gown, biasanya bermotif ala rococo atau baroque dengan efek 3D dan bertekstur.

Read more

Fashion Knowledge

Mengenal Teknik Motif pada Bahan (1) - Yarn Dyed

Motif bahan kotak-kotak dan bergaris sedang dan akan digandrungi di tahun depan, 2019. Motif-motif itu umumnya dibuat dengan teknik yarn dyed (celup benang). Ada juga motif-motif ini yang dikreasik...

Read more
Fashion Knowledge

Warna Bajumu Bisa Ungkap Kepribadianmu

Apakah kalian menyadari bahwa warna baju itu bisa sangat mempengaruhi mood dan bisa mengungkap kepribadianmu? Padu padan warna yang tepat juga bisa membantumu untuk merubah mood & memperbaiki p...

Read more