Sepadan dengan Sepatu Part 2

Sepatu, disadari atau tidak, seringkali bisa menentukan gaya dari keseluruhan total look, dan sebaliknya juga, bisa "merusak" keseluruhan penampilan. Karena itu sebaiknya lebih cermat lagi jika memilih sepatu untuk melengkapi penampilan. Dari puluhan tipe sepatu, berikut sudah dikelompokkan dan dibuat lebih simpel mengambil tipe yang umum dipakai perempuan Indonesia.

 

1. Wedges

(Source : www.poshmark.com)

Untuk yang perlu terlihat lebih tinggi tetapi tidak kuat untuk highheels, ini pilihan paling pas, tergantung pada warna dan bahan untuk sesuaikan dengan kesempatan. Cocok untuk semua style busana, dress, skirt maupun pants lurus atau palazzo.

 

2. Highheels

(Source : www.newlook.com)

Pakai hanya sesekali saja dan jika acaranya tidak berlangsung lama, bagi yang tidak terbiasa, dianjurkan pilih wedges saja.

 

3. Platforms

(Source : www.shefinds.com)

Masih berdasarkan sol atau hak sepatu, jenis ini cirinya ada ketebalan tertentu di bagian depan bawah sepatu (biasanya 2-4 cm), bisa jadi hak belakangnya wedges atau heels. Untuk penampilan yang tidak terlalu formal dan bisa memberi kesan muda.

 

4. Pump Shoe

(Source : www.google.com)

Istilah populernya di Indonesia adalah sepatu pantofel yang arti sebetulnya adalah "sandal" dari bahasa Belanda "pantoffel". Pumps ada yang dengan hak 3-7 cm, ada juga yang flat, untuk daily wear dan kesan yang informal.

 

5. Mules

(Source : www.google.com)

Bahasa Indonesianya "selop", ada juga model clogs yang mengadaptasi selop tradisional Belanda. Mules digunakan untuk kesempatan yang lebih resmi sedangkan clogs untuk kesan lebih relax.

 

6. Loafers

(Source : www.pinterest.com)

Flat shoes dengan model setengah tertutup ini biasanya jadi pilihan mereka yang kurang suka gaya feminin dari pump shoes yang flat. Bila ingin mengenakannya ke kantor, pilih yang bahannya kulit, sekarang banyak jenisnya, dengan detail-detail menarik terutama detail di bagian atas yang tertutup.

 

7. Sneakers & Slip-on

(Source : www.pinterest.com)

Sneakers bertali sedangkan slip on tidak, tetapi bentukan dasarnya kurang lebih sama, dengan sol sepatu yang rata, bisa agak tebal, bisa juga tipis setinggi 1.5 cm, sepatu jenis ini sangat cocok dipakai untuk melengkapi atau menciptakan kesan casual, sekarang banyak dipadupadankan dengan gaya feminin, hal yang bertahun-tahun lalu dianggap tidak lazim.

 

8. Boots

(Source : www.pinterest.com)

Bila ingin tampil stylish tapi effortless, pakai boots adalah anjuran yang patut diikuti. Pakai boots sebaiknya dengan celana panjang berpipa lebar, atau kenakan bersamaan dengan dress/ skirt juga bisa bikin keren.

 

9. Sandals

(Source : www.pinterest.com)

Ada yang dijepit, atau selop yang bagian jarinya terbuka atau dengan strap (bertali) yang pada bagian atasnya yang terbuka dengan hak sedikit wedges atau flat, itulah sandal. Hindari penggunaan sandal jepit, walupun berhias bebatuan cantik untuk ke kantor atau bekerja, karena terlihat tidak profesional.