Textile Mutakhir

Selalu ada perkembangan baru dalam dunia textile, mungkin sedikit yang menyadari bahwa industri textile itu sarat dengan keterlibatan bidang teknologi. Tidak melulu berupa bahan murni buatan tetapi juga pengembangan dari bahan-bahan textile yang berasala dari serat alami. Ini beberapa jenis textile yang bisa dibilang terbaru.

Tencel

Tencel merupakan merk serat kain yang berasal dari pengembangan mutakhir rayon atau viscose. Asalnya sama yaitu dari kulit kayu pohon sejenis cemara atau pinus. Bahan asli Tencel adalah serat lyocell yang dihasilkan dari pencampuran bubur kayu dengan bahan kimia tertentu untuk menghasilkan serat yang halus, kuat dan bisa dicampur oleh berbagai serat lain seperti katun, wol, sutera dan poliester untuk menghasilkan bahan yang sangat nyaman karena efisien menyerap kelembaban dan jatuhnya lembut.

Cupro

Cupro berasal dari serat kapas atau katun yang telah diolah dengan zat kimia tertentu sehingga menjadi serat katun yang memiliki kelembutan mirip dengan sutera. Cupro bisa dianggap sebagai serat katun berteknologi tinggi karena tidak mudah kusut seperti katun generasi sebelumnya, tetapi tetap memiliki daya serap tinggi.

Bamboo Fibers

Serat bambu akhir-akhir ini mulai populer dan banyak brand fashion menyatakan penggunaan serat bambu ini dalam koleksi mereka. Sebenarnya ada 2 macam pengolahan bambu menjadi serat. Pertama pengolahan dengan mengambil ekstraknya saja yang kemudian dicampur dengan zat kimia tertentu sama seperti memproduksi serat rayon, hanya berbeda sumber bahan mentahnya, biasanya rayon dari jenis pohon pinus, bamboo rayon berasal dari ekstrak pohon bambu. Teknik pembuatan serat bambu lainnya adalah sama dengan teknik memproduksi serat linen, yaitu dengan cara diolah langsung dari batang bambu dengan teknik pengolaan tertentu, sehingga bamboo linen dikenal kuat. Kedua pengolahaan serat campuran bambu ini ketika jadi bahan akan menghasikan bahan yang lebih lembut dari katun tetapi penampakannya mirip dengan katun yang matt atau tidak kilau.